Visi Program Studi D4 Animasi

“Menjadi Program Studi Animasi Kelas Dunia pada Tahun 2025 yang Berintegritas dan Mampu Menghasilkan Lulusan Cakap Karya, Teknologi dan Wirausaha”

Integritas merupakan representasi dari pengelolaan program studi yang baik dan penyelenggaran pendidikan yang bermutu. Kepercayaan masyarakat kepada Program Studi D4 Animasi sebagai lembaga pendidikan animasi yang bermutu yang mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul di industri animasi dibangun melalui nilai-nilai integritas yang ditegakkan, yaitu:

  1. Konsistensi dalam pengembangan sumber daya program studi yang meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendidikan.
  2. Rekam jejak pengembangan sumber daya program studi danperkembangan karir lulusan.
  3. Dokumentasi dan publikasi rekam jejak.

Ilustrasi strategi membangun kepercayaan masyarakat terhadap Program Studi D4 Animasi yang berintegritas.

Penyelenggaraan pendidikan animasi oleh Program Studi D4 Animasi yang berintegritas diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dalam berkarya (cakap karya), menguasai teknologi (cakap teknologi) dan mampu menciptakan lapangan kerja (cakap wirausaha).

Program studi animasi kelas dunia yang akan dicapai ditargetkan berdasarkan prestasi sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) di bidang animasi tingkat dunia melalui penelitian yang didanai dari sumber internasional, karya yang mampu bersaing diajang festival atau perlombaan animasi di tingkat internasional, kurikulum, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi dalam industri animasi, dan terjalinnya kemitraan dengan perguruan tinggi atau industri di tingkat dunia.

Cakap karya diperlukan untuk dapat menciptakan karya yang memenuhi standar industri animasi dan mempunyai daya saing di tingkat global. Cakap teknologi diperlukan karena industri animasi terkait erat dengan penggunaan teknologi dalam menciptakan karya sehingga hal ini secara tidak langsung menjadikan penguasaan teknologi sebagai salah satu kekuatan dalam berdaya saing. Cakap teknologi searah dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 yang juga tertuang dalam Rencana Pengembangan Animasi Nasional 2015-2019 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bahwa pembangunan nasional tahap ketiga (2015-2019) adalah ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan iptek yang terus meningkat.

Cakap wirausaha juga menjadi fokus dalam penyelenggaraan pendidikan di Program Studi D4 Animasi sesuai dengan visi Universitas Dian Nuswantoro yang menaunginya, yaitu : “Menjadi Universitas Pilihan Utama di Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan”, dan visi Fakultas Ilmu Komputer yang menaunginya, yaitu: “Menjadi Fakultas Pilihan Utama dibidang Informatika dengan Ciri Khas Kewirausahaan”. Cakap wirausaha juga sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah 2015-2019 yang menjadikan pengembangan ekonomi kreatif sebagai program prioritas sehingga arah kebijakan pembangunan ekonomi kreatif adalah memfasilitasi orang kreatif di sepanjang rantai nilai yang dimulai dari tahap kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, hingga konservasi.

Pengelolaan program studi kelas dunia yang berintegritas untuk mencapai penyelenggaraan pendidikan animasi yang bermutu dalam upaya menghasilkan lulusan cakap karya, teknologi dan wirausaha yang mempunyai daya saing pada tingkat global sesuai yang tertuang dalam visi Program Studi D4 Animasi ditargetkan akan dicapai pada tahun 2025 mendatang.